Sabtu, 13 Oktober 2012

Sedikit tentang Kindaichi...

Yo!!...Minna.!!..

Kali ini aku mau ngebahas mengenai manga yang cukup populer "KINDAICHI no tantei" dan "CONAN no tantei"

Yah... ada beberapa kemiripan dari kedua manga ini... dari segi tahun pembuatan,  Kindaichi termasuk lebih dahulu, karena tahun 1984 hingga 2000 manga ini terbit di Weekly ShÕnen Magazine .. baru pada tahun 1999 seri pertamanya diterbitkan Elex Media Komputindo 
Sedangkan serial Detektif Conan mulai dipublikasikan sejak tahun 1994 sampai 2011 di  Weekly ShÕnen Magazine..
 
Baiklah kita mulai bahasan ini... Kindaichi Hajime... Cucu dari detektif ternama Kosuke Kindaichi ini populer karena nama kakeknya. Setiap orang yang ditemuinya di beberapa kasus pasti akan tercengang kalau mendengar nama kakeknya. Aku sampai sering berfikir (Segitu Populernyakah Kosuke Kindaichi ??)..Dan biasanya saat serius menangani suatu kasus, Kindaichi  akan berkata..." Dengan nama Kakekku aku pasti akan menyelesaikan kasus ini".

Sedangkan Shinichi mulai populer ketika membantu polisi memecahkan suatu kasus, sehingga selanjutnya dia kerap dimintai bantuan oleh polisi. 

Ada beberapa kemiripan kedua manga ini yang ingin kubahas... jadi inilah beberapa kemiripan Manga Kindaichi dan Conan, versi LeeAne..
1. Nama Kindaichi dan Shinichi ...walaupun dalam hal ini Kindaichi merupakan nama keluarga sedangkan untuk Shinichi nama keluarganya Kudo, tapi tetap saja pemilihan nama yang ada angka 1-nya  ini sedikit menarik perhatianku.
2. Baik Kindaichi maupun Shinichi memiliki teman perempuan sejak kecil... siapa lagi kalau bukan Miyuki Nanase dan Ran Mouri. Keduanya merupakan gadis yang cantikdengan rambut panjang.
3. Kindaichi dan Shinichi sama-sama merupakan anak SMA. Walaupun dari segi karakter dan penampilan mereka digambarkan berbeda.Shinichi Kudo kalau diperhatikan, digambarkan tampan, dan tentu saja aura jeniusnya kelihatan... sedangkan karakter Hajime-chan malah digambarkan payah, goblok, bandel dan nggak terlalu  tampan.Walaupun aslinya Hajime sangat cerdas dengan IQ sekitar 180. Tapi sedikit yang menyadari hal itu karena dia lebih sering menunjukkan sikap malasnya.
4. Baik Miyuki maupun Ran sama-sama menyukai teman masa kecilnya itu. Tapi Kindaichi maupun Shinichi terlalu sibuk dengan diri sendiri sampai terkadang tidak menyadari perasaan mereka.
5. Miyuki biasanya selalu bersama Hajime di beberapa kasus, begitu pula Ran yang selalu bersama Shinichi di beberapa kasus.



I'll Protect You! - shinichi-kudo-and-ran-mouri Photo


6. Ada polisi yang selalu bersama mereka menangani kasus. Kalau Kindaichi selalu ditemani Isamu Kenmochi yang terkesima oleh kemampuannya dalam memecahkan kasus. Sedangkan Shinichi biasanya ditemani Kogoro Mouri yang merupakan ayah dari Ran Mouri.
7. Sama-sama memiliki 3 tokoh utama... Kindaichi, Miyuki, Kenmochi....Shinichi,Ran,Kogoro...
8. Terdapat tokoh misterius yang menggunakan sulap di setiap aksinya...di serial Kindaichi ada Takato Youichi sedangkan untuk serial Conan ada Kid si pencuri (Kaito Kid)...hanya saja aku sebenarnya agak terganggu dengan tampang Kid yang mirip banget ama Shinichi, apa mungkin mereka saudara kembar? hehe


9. Kedua manga ini telah dibuatkan anime ataupun movienya...untuk Conan aku nggak tahu ada dorama seriesnya apa nggak... sedangkan Jdrama untuk serial Kindaichi malah sudah dibuat ampe season 3.

yah.. mungkin masih banyak kesamaan lainnya, tapi cukup segitu aja dah kurang lebihnya...Detektif Kindaichi biasanya mengangkat cerita tentang suatu mitos, yang dibuat sebagai dasar terjadinya kasus pembunuhan berantai...karena itu cerita untuk serial Kindaichi jauh lebih rumit dan panjang, serta biasanya terdapat banyak misteri-misteri yang muncul. Sedangkan kasus untuk serial detektif Conan jauh lebih singkat, begitu pula dengan pemecahan kasusnya. 

So... satu hal mengenai Detektif Kindaichi yang juga menarik perhatianku. Yaitu pemilihan pemain yang berperan sebagai Kindaichi. Sampai saat ini pemeran Kindaichi  sudah sekitar 4 orang yang berbeda, dimana ke-empatnya merupakan seorang penyanyi...
1. Tsuyoshi Domoto < duo KinKi Kids >. Dia memerankan Kindaichi saat usianya 16 tahun, dari tahun 1995 dan 1996 untuk Kindaichi no jikenbo dorama series season 1 dan 2.





2. Matsumoto Jun < Arashi >. Berbeda dengan Domoto, MatsuJun memerani Kindaichi saat usianya 17 tahun pada tahun 2001 untuk Kindaichi no Jikenbo dorama series season 3.

3. Kamenashi Kazuya < KAT-TUN > sebagai Kindaichi saat usianya 19 pada tahun 2005. Tapi berbeda dengan Domoto dan MatsuJun, Kazuya tidak bermain di dorama series tapi untuk serial Movie.

4. Yamada Ryosuke < Hey! Say! JUMP > memerankan Kindaichi di usianya yang menginjak 19 tahun. Proses pembuatan dorama SP untuk season 4 ini sedang berlangsung. Yah...aku benar-benar menantikannya.. berbeda dengan pemeran Kindaichi sebelumnya, terlihat Yama-Kun mengikat rambut panjangnya seperti Kindaichi versi manga..Dan denger-denger Seungri personel BIG BANG (BoyBand Korea) akan ikut berperan sebagai  Kim Rondon (atau Ryongdong), seorang mahasiswa dari Korea yang bekerja paruh waktu di sebuah hotel di Hong Kong. Ada pula aktor taiwan Wu Chun, artis Hongkong Vivian Hsu dan Eric Tsang.


Well... sekian basa-basi isengku kali ini... kesimpulanku... aku suka semua yang memainkan Kindaichi, walaupun ada hal menarik di masing-masing karakter mereka. Walaupun mereka sama-sama memerankan Hajime, tapi... karakter ketiga tokoh itu jelas berbeda sekali . Domoto digambarkan konyol,nakal, suka makan, pemalas persis seperti karakter Hajime, hanya saja, Miyuki untuk season 1 dan 2 ini menurutku kurang cocok karena terlihat kurus, hehe (penting nggak sih?)... sedangkan untuk season 3, MatsuJun digambarkan lebih doyan berkhayal, tetap konyol sih... tapi... apa mungkin karena memang tampang si MatsuJun aja yang selalu "cool" jadinya malah Hajime bukannya terlihat konyol malah keren, hmmm... dan untuk Miyukinya...aku suka banget!! (Miss Anne Suzuki) Kawaii..>.<... Okelah jujur aku suka pasangan ini..hehehe..dan untuk movienya... Kazuya terlihat pemalas dan penakut, karakter Kindaichi dapat ...tapi Kazuya juga terlihat keren dengan semua tampang bodohnya, walaupun aku merasa dia terlalu nakal dalam menggoda cewek, hehe... dan untuk movienya terlihat Hajime terbebani dengan nama besar Kakeknya... Miyuki? entah kenapa walaupun manis, Miss Ueno Juri terlihat tomboi..hehe..jadinya Miyuki malah cocok sebagai Ran... tapi.. after all i like it..^^b... Nah.. tinggal tunggu yang terakhir ini aja..kira-kira karakter Kindaichinya dapet nggak yah? terus gimana dengan Miyukinya?hmmm... aku masih lebih suka Miss Anne...hehe

so... Jya Ne~ Mnna!!....

















12 komentar:

  1. yg season 1 bnr cocok jd hajime, yg lainnya ga ada tampang goblok....yah blm prnh nntn sh >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener-bener kalau liat anime atau baca komiknya, berasa banget kindaichi tu payah and nggak keren sama sekali kecuali waktu sedang mecahin kasus... tapi yang meranin malah keren-keren, hehe

      Hapus
    2. tapi sebenernya kl dilihat, pasti conan terinspirasi kindaichi krn belakangan munculnya....sy tetep nganggep conan itu "hebat banget pengarangnya sampe bisa bikin kasus dg penyelesaian yg masuk logika"..setelah bc postingan Kiki ini, "aaaah~ ada komik dg tema sejeneis sebelumnya, rupanya."

      pernah sih denger kindaichi tp secara keseluruhan gtw kindaichi ini tokoh apa n tokoh yg karakternya seperti apa.

      Hapus
    3. berbeda dgn conan, semua petunjuk2 kecil yg terlihat dibahas dgn detil di manga ini, qt juga di ajak berfikir, g jarang penjahatnya ketebak, tapi te2p aja trik dan misteri2 lainnya selalu buat tercengang, kok bisa ya? apalagi cara membunuhnya terkadang aneh2 gitu.. walaupun byk yg mengeluh karena biasanya 1 kasus g selesai untuk 1 volume, tapi sy malah senag karena semua misteri terpecahkan,.. bener2 ampe hal2 sekecil apapun bisa jadi petunjuk... sy sih suka banget.. apalagi ama kindaichi yg suka gangguin miyuki, hehehe...

      Hapus
    4. Kindaichi sama Conan ada crossovermya tapi di Videogame .. dan kasusnya tentang tragedi di sebuah pulau dimana para pengunjung pulau tsb mendadak menghilang ..

      Hapus
  2. Dah dapat terusannya season 1 blum Ki? (Ni nanya lo, bukan nawarin :p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum mbah ... lg males dunlot sdg ganti aktipitas... hehe

      Hapus
  3. pengen download yg live action 1 sm 2, kira2 dmn ya? klo tau link'y share ya..
    trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm berhubung dulu aku dapet file-nya dari temen jadi g tau link downloadnya tapi... kebetulan aku nemu link ini cb aja mampir ke sana hehe http://kepitingkita.blogspot.com/2013/11/kindaichi-shonen-no-jikenbo-hong-kong.html.... untuk yang terbaru yang setting di Malaysia ya? aku belum nonton juga, jadi belum coba nyari2 juga... ;)

      Hapus
  4. bukan, bukan, maksud aku Kindaichi yg pemerannya Tsuyoshi Domoto sm Matsumoto Jun, cuma itu yg susah nemunya, sekali'y nemu pasti link download'y dah mati -.-
    klo selebih'y alhamdulillah udah nonton smua ^_^
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu... hmmm kalo yang Domoto ama MatsuJun aku dapetnya dari indowebster sih, yah emang rada susah waktu itu nyarinya, bener banyak link yang udah mati, hmmm tapi yah susah itu yang MatsuJun sih, kalau Domoto g ada masalah, semua link donlot di IDWS baik2 aja, ...

      atau coba aja buka Youtube, seingatku di youtube ada juga, oh yah... untuk yang Yamada live action terbaru bisa minta link-nya??

      Hapus
  5. yg session 1 dh nemu full, tpi torrent, ga bisa ngedownload'y -.-

    ini Kindaichi yg di Malaysia ,
    torrent : http://heysayjumplounge.blogspot.com/2014/02/download-kindaichi-shonen-no-jikenbo.html

    di sni jg bs --> http://muhaymynk.blogspot.com/2014/01/kindaichi-live-action-sp-2014-subtitle.html

    klo yg terbaru blm ada, di jpn'y jg nanti tayang'y bulan juli

    BalasHapus

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)