Rabu, 24 Oktober 2012

Jika Jabatan Ketua KPK Berpindah Tangan...?


Korupsi. Selalu terasa sulit diberantas. Kenapa tidak? pelaku korupsi tidak merasa bertanggung jawab akan perbuatannya, parahnya mereka tak lebihnya maling teriak maling. 

Pemunculan KPK seperti memberi angin segar dalam pemecahan masalah ini. Namun, setelah bertahun-tahun berdiri, KPK masih belum benar-benar mampu memberantas korupsi. Ada apa gerangan?

Andai aku menjadi ketua KPK

>Aku harus memastikan anggota-anggotaku bersih, jujur, terpercaya dan berani. Kenapa berani? Orang yang masih memikirkan diri sendiri akan sulit untuk berkorban. Pekerjaan seperti pemberantasan korupsi ini krusial sehingga sepatutnya tidak menuntut bayaran, tapi  pengorbanan. 

>Bekerja sama dengan masyarakat. Masyarakat harus ikut ambil bagian dalam tindakan ini. Mereka harus diberi pemahaman, jangan sampai mereka sebagai pelaku tanpa mereka sadari. Dengan tindakan ini diharapkan korupsi dalam skala kecil dapat diberantas. 

  >Mengubah bentuk hukuman bagi koruptor. Aku tidak setuju dengan hukuman penjara. Masalah tidak akan selesai hanya dengan menjebloskan mereka ke penjara atau meminta ganti rugi berupa uang. Dengan terjun ke Masyarakat di harapkan akan timbul efek jera bagi mereka, dan memberikan contoh pembelajaran bagi masyarakat yang sekiranya berniat melakukan korupsi.

KPK tentu saja tidak bisa bekerja sendiri. Memberantas sesuatu yang besar butuh energi yang besar pula. KPK harus lebih cerdik dan lihai dalam melawan pelaku korupsi yang ngeyel. Penggunaan internet sebagai media pengaduan secara langsung, bukanlah ide gila. KPK harus bersahabat pula dengan media elektronik dan cetak untuk mencegah gosip-gosip ngawur menyebar. Doa juga  kudu dilakukan, tindakan tanpa doa, kurang berkah.
 Kalau memang niat, pasti ada jalan. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)