Jumat, 05 Oktober 2012

Kenangan Tak Bertepi.. (edisi Internet)...

Internet....Internet...
Siapa yang nggak doyan ngenet hari gini...
siapa yang nggak punya facebook? twitter? ...
Nggak ada yang nggak mengenal Mbah Google...

Dunia maya... dulu mungkin jaman aku SMP, masih banyak yang nggak tahu apa itu "internet"
jaman-jaman orang-orang doyan "friendster" itu pun internet masih belum se"booming" sekarang...
perubahan dari nggak tahu IT menjadi tahu IT begitu berasa...

Aku inget banget waktu ngajarin temen-temenku hanya buat buka "google"... lucu banget... 1 komputer berempat... Dulu berasa keren banget, sekarang... "hari gene nggak bisa ngenet?? hellow kamu ada di planet mana??...

Apalagi sekarang kalau nyusurin jalan, banyak berjejer warnet-warnet di jalan, kalau dulu dipenuhi wartel-wartel... inget banget saat HP belum meraja lela seperti sekarang. WARTEL ada di mana-mana. Dulu bayar seribu dua ribu buat nelpon beberapa menit di WARTEL rasanya murah beuuud, tapi sekarang... diambil Rp.150,- aja buat sms, ngedumel pengen ganti kartu...

Yah... postingan kali ini aku ingin bernostalgia, jaman dimana "sesuatu" itu masih sulit di dapat... aku inget banget dulu.. waktu tergila-gila ama Aaron carter, aku rela pantengin TV dengan penuh harap Aaron bakalan nongol di  TVsetiap pergantian suatu acara, biasa ... dulu kan doyan tuh diputerin MV setiap selesai sinetron atau acara apa aja... alhasil... tiap hari kecewa terus karena Aaron nggak nongol-nongol... giliran nongol.. MV yang itu lagi, itu lagi... ampe bosen (nggak juga sih, hehe)... parahnya.. saking kebelet pengen liat Aaron terus, ampe keinginan buat punya CD video Aaron  kebawa mimpi... rasanya nggak banget dah...apalagi waktu ke rumah temen yang punya internet. Main game online rasanya nggak mau berhenti... padahal game-nya hanya berupa kuis Harry Potter, kayak pertanyaan-pertanyaan seputar buku Harry Potter gitu... sumpah ...katrooook abiiiiis ... kalau diinget-inget bener-bener buat ngakak aja...

aku mungkin  termasuk orang yang gaptek, telat mengenal internet apalagi  merasakan perkembangan teknologi. Aku mulai  kenal yang namanya internet aja  saat penyimpanan data masih menggunakan jasa  Om disket. You know That... berapa besar file yang bisa disimpan di disket??  aku ampe guling-guling, pengen simpan mp3 tentu aja kagak bisa. Kerjaan di warnet saat itu, hanya satu... simpan gambar itupun masih gambar ukuran kecil, karena selain gaptek juga emang memori disket nggak memadai....
yah begitulah ...jadinya kerjaanku kalau  ngenet saat itu..hanya browsing-browsing nggak jelas...dikarenakan nggak bisa nyimpan lagu atau bahkan film like today...(jadi sebenarnya nih ngenet buat apaan atuh?)

Semakin canggih. Komputer tentu saja masih mahal waktu itu. Modem apalagi, belum ngetrend kayak sekarang, HP masih gede-gede terus pulsanya masih muahal banget. Aku inget banget waktu ada temenku yang bawa HP. Sambil sembunyi-sembunyi dia telpon rumahnya, hasrat detektifku pun spontan aja timbul, hehe :P.. dan hasil hipotesaku pun mengarah ke kesimpulan kalau temenku sepertinya malu karena HPnya punya antena, hehehe...tapi... dia itu hebat loh... satu-satunya yang bawa HP saat itu... ^^b

well...saat alat untuk menyimpan berubah dari disket ke flashdisk, keasyikan mengenet mulai bertambah. Bagi yang nggak punya koneksi internet, pergi ke warnet terus bawa sesuatu pulang dari warnet berupa apapun itu, file-file  penting atau nggak rasanya puuuuaaaas banget. memang sih... FD waktu itu nggak kayak sekarang yang udah ampe 14 GB, yah you know that... dulu berapa memori satu FD..jangan berharap bisa nyimpan file film dah... hehehe...oh yah kembali ke cerita yang entahlah lucu apa nggak tapi aku kalau ingat masa-masa kelam itu selalu pengen senyum terus, hehe...

yah... ada cerita mengenai masa-masa aku mulai mengenal yang namanya SuJu alias Super Junior... aku rasa semua orang udah kenal BoyBand asal negeri Ginseng ini... gimana tidak...terakhir ini mereka udah 2 kali ke Indonesia dalam jangka waktu yang berdekatan. Aku memang dulu suka banget sama SuJu (sempat nge-fans banget)... tapi... akhir-akhir ini udah nggak kayak dulu lagi... tapi... tentu aja masa-masa aku ngefans ama SuJu dan mengenal penyanyi Kpop yang lain nggak kan pernah aku lupain...

Aku sebenarnya ingin bahas masalah ini di postingan yang lain, tapi aku mau bahas dikit tentang masa-masa kelamku di dunia internet ini... hehe... waktu suka SuJu dulu, kalau aku ke warnet bareng temen-temenku (sebut aja Rany, Eka dan Mboq Yus) yang kami lakukan adalah ... wajib bin ajaib cuma download gambar-gambar (see? pictures Guys!!) itu karena kami masih belum tahu gimana cara donlot video (benar-benar menyedihkan...) so... komputer kita.. (Laptop masih....sangat mahal saat itu...I reckon)...penuh dengan gambar-gambar para personel suju (malu-maluin aja =.=")... aku ampe buat folder bertuliskan "Super Junior" terus sub folder nama-nama membernya.... (eeeaaaa kalau inget rasanya...hmmm yah gitu deh!!) lucunya... kami suka saling tuker-tuker file gambar gitu...
"eh aku punya gambar Suju yang baru nih.."
"mana..mana! >< liat duuuunk...."
Akhirnya dengan katroknya kami senyum-senyum liat gambar itu berganti-ganti di layar komputer...nggak jarang kami ampe buat video mereka pake windows video maker sambil diselipin lagu-lagu SuJu tentunya... yah mungkin kami emang gaptek saat itu probably 'til now... but ..all those memories nggak akan pernah terlupakan...

setelah mengenal bagaimana cara menyimpan video? kegemaran kami mengenet membabi buta... donlot mp3 udah jarang,  apalagi gambar... kami sudah lama meninggalkan masa-masa itu, hahahahaha....kami lebih doyan donlot video, ditambah dengan memori FD yang mendukung hal tersebut...

sekarang Warnet pun udah akan mulai sepi (I think)... hot spot udah ada di mana-mana, apalagi laptop udah kayak HP, hampir semua orang punya... hmmm... perkembangan internet yang memang cukup telat  di sini ternyata memberikan dampak positif dan negatif...

Positifnya...informasi memang sangat mudah di dapat, sekarang orang-orang akan lebih memilih mencari sumber informasi lewat internet dibandingkan sibuk nyari di Perpustakaan. Memang, informasi di internet up to date tapi... nggak semua informasi yang disajikan dapat dipercaya, jadi kita juga harus pintar-pintar dalam mencomot informasi... nggak asal juga...sebelum mempercayai informasi tersebut, kita harus mengecek sumbernya terlebih dahulu ..valid apa nggak..
Negatifnya... informasi yang mudah didapatkan ini, membuat banyak orang yang beralih ke internet  melupakan buku, padahal buku juga mau bagaimanapun tetap sesuatu yang kudu dibaca. Jeleknya, ada oknum-oknum kurang bertanggung jawab yang memanfaatkan kemudahan-kemudahan ini buat nipu orang, bahkan nyebar informasi yang nggak penting dan nggak jelas...

but... Internet emang hiburan yang nggak ada habisnya... for me pribadi... internet banyak banget ngebantuin keseharianku... keinginan-keinginanku yang dulu sulit buat aku penuhin, lewat internet aku bisa mencari sesuatu yang dulu ingin banget aku penuhin... aku mungkin belum manfaatin internet dengan maksimal...(keinginan jadi hacker kadang mampir)...tapi aku tahu semua ada waktunya...  i believe i can do it, If i wanted...iya kan Guys!! ^^v....

Di dunia blogging ini aja aku masih termasuk sangat pemula... tapi aku berusaha buat belajar sedikit-demi sedikit... semoga lama-lama aku bisa lebih lihai di dunia maya ini... Mohon Bantuannya Minna ...Ne~...

Doumo Arigatou Minna
....Jya Ne~.^^...

3 komentar:

  1. Iya banget, jd inget...dulu wahhh banget yg namanya SuJu. sekarang masih suka, tp udah beda sikap..kerasa banget sukanya dulu dg sukanya yg sekarang kkkkkkk~

    dulu...walau yg didonlot coma gambar, rasanya banyank banget menuh2in space disk, skrng walau udah punya space disk yg lbh banyak, rasanya teteeeeeep ga cukup banyak...karena yg didonlot serial,,, 헐~

    jd,masih donk ya.....masuk masa kelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang mah bukan kelam lagi Ran, tapi kelam banget!! hahaha... kalau internetnya lola... sebel setengah mati... apalagi kalau donlot udah setengah jalan, sinyal tiba2 off...hahaha...

      btw kemarin sy baru donlot drama series kindaichi episode 3-9 rata2 356 mb di kampus... wuiiih gila asiik... walaupun g dapet kecepatan 2GB,800-an kbps/sec cukup memuaskan, hehe (padahal biasanya juga paling banter di warnet paling sekitar 50-80, alhamdulillah dapet 100-200)...hehe

      emang manusia semakin tahu semakin banyak maunya...ck ck ck..hehe

      Hapus
    2. wahhhh kenceng...emang, semakin banyak maunyaaa

      Hapus

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)