Selasa, 09 Oktober 2012

Kenangan Tak Bertepi (Edisi Teman)

FRIENDS>> have you wondering what a friend is?

i find a nice quote by Jim Morrison : A friend is someone who lets you have total freedom to be yourself...

very nice for me... coz yeah that is true...definitely... that is what i feel now...


Ini bukanlah cerita yang menyenangkan... memori ini  sebenarnya menyenangkan, tapi kalau diingat sedih juga...

Teman masa Kecil ==>I have a childhood friend, and i think we really close enough ... tapi ternyata waktu berkata lain...

Pertemanan kami dimulai jauh sebelum kami masuk TK, dan awal kerenggangan kami adalah ketika aku memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke kota saat menginjak SMP. Masa-masa dimana  kami seharusnya memperdalam pertemanan kami. Kami tidak berfikir untuk surat-menyurat, apalagi waktu itu HP masih merupakan barang yang mahal... kalau pun aku pulang liburan, kami jarang bertemu, alhasil... kami lost contact, dan... akhirnya ketika kami bertemu... dia canggung, bahkan ketika aku mengajaknya bercanda, dia terkesan kaku dan seperti menyembunyikan sesuatu kalau aku bertanya...

dia memang pendiam, setidaknya itu yang ada dalam ingatanku. tapi... waktu memang bisa mengubah sikap dan watak orang ... kami masih mengobrol seperti biasa sampai kami menginjak SMA, saat dia akhirnya memutuskan untuk ikut sekolah di Kota. Entah kenapa, ketika sebelumnya kami berjanji untuk masuk ke SMA yang sama, dia malah tidak menepati janji. Padahal sangat jelas diingatanku, raut mukanya yang begitu antusias untuk dapat satu sekolah denganku.... aku pun begitu menanti-nantikan saat itu.... karena walaupun kami terpisah jauh dan jarang bertemu, aku selalu mengingat dia dan menganggapnya teman masa kecilku yang tak kan pernah tergantikan.

Dia berubah 180 derajat semenjak sekolah di Kota... teman masa kecilku yang kukenal dulu seperti menghilang. yah... mungkin aku terlalu berlebihan, tapi... itulah yang aku rasakan ketika mengobrol dengannya. Dia terlihat tidak nyaman mengobrol denganku, aku pun menjadi ikutan kaku. Aku selalu mencoba menghubunginya, mengunjunginya, tapi... dia sepertinya tidak terlalu antusias untuk bertemu denganku... waktu dia akhirnya membawa motor, hanya sekali dia mengunjungiku... aku mencoba mengiriminya sms, tak pernah dibalas... ternyata jarak kami yang dekat tidak membuat hubungan kami semakin dekat... so.... aku pun mulai tidak terlalu peduli lagi... aku merasa... dia memang sudah punya dunia sendiri, komunitas sendiri, teman baru...

kenangan masa kecil itu tentu saja tidak hilang... i still keep it as precious memories... aku pun tentu saja tidak akan melupakan kedekatan kami dulu, kami bahkan sampai dikatakan anak kembar yang tak terpisahkan... kami benar-benar selalu berdua...yah berdua... dan ternyata semasa SMP, dia sering membicarakan aku ke teman-temannya, hal itu membuatku sadar kalau dia juga menganggapku teman...tapi... entahlah dengan sekarang...FBnya saja sudah tidak aktif lagi...entahlah apa dia menggantinya atau...entahlah... ketika menemukan account FBnya aku senang sekali, berharap bisa kontak lagi dengannya, tapi... tetap... tak ada perkembangan... Huff...

yah... kalau membicarakan mengenai teman, aku pasti akan mengingat dia lagi... dan masa-masa kecilku yang begitu menyenangkan akan kembali terbayang...terlalu banyak hal menyenangkan kulalui dengannya, semoga dia juga tidak melupakan momen-momen itu...

SMP ==> saat dimana semua terasa menyenangkan dan aku melewati masa-masa itu dengan beberapa  teman baruku... tidak terlalu dekat, tapi... paling tidak mereka membuatku betah saat itu. BIRI-BIRI genk adalah nama yang diberikan oleh Ninis. Genk ku ini terdiri dari aku, Ninis, Nuniek dan Ulan. Aku ingat sekali dengan janji kami ketika kelas 3, kami berjanji 5 tahun lagi akan bertemu kembali tapi... sampai sekarang... sudah hampir 9 tahun, kami masih belum berkumpul... memang ... rencana pada akhirnya hanya rencana... aku sangat merindukan mereka... tahun 2008, aku mendaftar FB dalam rangka melacak mereka, aku berharap bisa menemukan mereka di FB... and Yatta!!! aku menemukan mereka satu demi satu. Berawal dari Ulan, Ninis, lalu kemudian Nuniek....

Ninis... ketika menyapanya di FB, aku bisa merasakan dari responnya, Ninis tidaklah berubah, kalaupun berubah mungkin hanya sebagian kecil saja, dia yang dulunya udah tinggi semakin tinggi aja, badannya tetap seperti dulu. Nggak gemuk tapi juga nggak kurus-kurus amat. Wajahnya tetap seperti Ninis yang aku kenal, lebih ceria, apalagi dengan kehadiran seseorang dalam kesehariannya. Aku berharap dia segera menikah... semoga aku dapat undangan... Tapi ... aku sudah tidak melihat dia mengupdate statusnya lagi... :(

Nuniek... nuniek yang kukenal dulu, begitu kaku tapi sangat expresif... dia anak yang pintar, sama halnya dengan Ninis... tapi... dia lucu, dan berteman dengan Nuniek mengajariku banyak hal, aku senang telah mengenalnya... Both of them taught me many things... mungkin Nuniek saat ini lebih brilliant dari sebelumnya...dia telah mengenakan Hijab,dan aku sangat bersyukur karenanya, dia sangat ceria...dan dia juga masih begitu ceria menyapaku, aku senang ... :)... tak jauh beda dengan Ninis, aku pun jarang melihat Nuniek OL lagi...

Ulan... Ulan adalah gadis yang manis, pendiam, dan senyumannya itu buat adem. semenjak berteman dengan Ninis, Ulan mulai menunjukkan beberapa ekspresi, lucu sekali. Anak yang dulunya pendiam ini, mulai sering memukul-mukul kalau malu... aku sering menyalahkan Ninis karena perubahan sikap Ulan, tapi ... semua itu merupakan perubahan yang menyenangkan. Kami sering bermain ke rumah Ulan, karena di sana entahlah menyenangkan. Banyak makanannya, hehe...ternyata Ulan adalah penyuka game, dia lihai sekali memainkan game. Entahlah dengan sekarang, Ulan terlihat berbeda. Dia menjadi gadis yang lebih terbuka, ceria, bahkan dia udah punya Pacar... berbeda banget!! dari Ninis dan Nuniek, aku malah lebih senang menyapa Ulan... entah kenapa, aku nyaman saja... sayang... Ulan pun udah jarang muncul di FB....

Ninis... selalu membuatku berfikir hidup itu harus dinikmati, Nuniek mengajarkanku banyak hal yang tidak pernah aku ketahui, dan dari dia aku tahu dan mencoba banyak hal, Ulan... membuatku berfikir ternyata senyuman itu benar-benar membuat orang nyaman berada di dekat kita...

Yang jelas ... di SMP aku menemukan orang-orang yang benar-benar mengisi kekosonganku, aku menemukan orang-orang dengan hobi sama, sehingga waktu SMP, aku sangat!! senang!! hari-hariku terasa begitu berharga... I love that time!!...i wondering... do they still remember me??

SMA ==> Nothing special... aku melewatkan waktu SMA ku dengan penuh perjuangan... apalagi dalam hal pertemanan, aku tidak terlalu menyenangi masa-masa ini. Walaupun di masa ini aku melewati banyak hal... tapi aku entah kenapa tidak terlalu ingin mengenangnya...  aku tidak menemukan teman-teman seperti ketika aku SMP dulu... Aku mungkin terlalu terbayang teman-teman SMPku... :(


Kuliah ==> masa-masa menyenangkan itu kembali lagi... walaupun aku tidak menemukan teman-teman  seperti waktu SMP dulu, paling tidak di sini aku bertemu orang-orang yang tak kalah amazingnya...
sebut saja Yiq, Papuq Sofhil, Buddy (Mbak Nurdiansih) dan teman-teman yang lainnya...

Mbak Dian atau Buddy adalah sosok misterius, yang jika kita kenal lebih lanjut, kita akan sangat sayang untuk kehilangannya. Dia orangnya sangat cuek, mukanya jutek atau singkat cerita... tampilan luar... nggak banget!! (maksudnya sueerem) awalnya aku kira aku bakalan nggak akan dekat dengannya...tapi... aku tidak tahu ... mungkin kami memang berjodoh... dan saat ini aku sangat merindukannya..semoga dia segera menemukan pangeran berkuda putihnya...^^b semangat Buddy!!! Buddy adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, tulisannya rapiiii sekali. Tapi... yang paling aku ingat adalah, karakter Buddy yang sangat kuat, benar-benar memberikan inspirasi.

Papuq Sofhil...dia sebenarnya pantas kupanggil Kakak, tapi... aku lebih senang memanggilnya papuq (baca = nenek)... bukan karena mukanya tua atau sikapnya seperti orang tua... tapi ppanggilan itu lebih seperti panggilan sayang untuknya..:)... Aku sering kasihan melihat dia yang sering mengeluh kesakitan. Badannya yang terlihat sehat ternyata menipu penglihatan ku. Dia sering mengeluh kesakitan, bahkan tak jarang dia tuangkan apa yang dia rasakan di FB. Papuq adalah orang yang sangat ceria, aku nyaman berada di dekatnya, mungkin ada sikap-sikapnya yang menyebalkan, tapi... nobody perfect, mungkin aku malah sering membuatnya jengkel, hehe ... Dia adalah penggila Korea sejati dan Buddy penggila Bollywood, haha... Entahlah apakah masih sampai sekarang, tapi Papuq setahuku adalah fans dari DBSK...

Yiq... anak yang lebih gila ama Korea ini, sering menganggap dirinya orang Korea, mentang-mentang matanya rada sipit gitu. Akhwat yang agak gila ini (gila ama Korea maksudnya)... sangat ceria dan berada di dekatnya begitu menyenangkan. Dia terlihat seperti nggak punya masalah, tapi tentu saja itu nggak mungkin. Anak ini begitu bersemangat... dan saking sukanya sama Korea, Blognya penuh ama hal-hal berbau Korea... Yiq? Penyuka Kpop dan Korea... :)

selain 3 orang tadi... ada pula penggemar Korea lainnya, siapa lagi kalau bukan Resti... (ini bahasannya kok malah menjurus ke Korea yah?)...anyway... aku nggak terlalu dekat ama anak ini, kami dekatnya melalui dunia maya... dan itu diawali oleh statusnya yang membahas SuJu. Karena orangnya Gila juga, aku ajak aja dia bercanda, mengkhayal nggak jelas tentang SuJu. Lama kelamaan, obrolan kami walaupun tetap nyangkut masalah Korea, udah seperti obrolan orang yang sudah lama kenal. Aku enjoy ngobrol ama nih anak, selain bisa diajak gila-gilaan, orangnya juga sangat terbuka, paling tidak dia nggak segan-segan dalam mengekspresikan dirinya. Aku nggak heran, kalau akhirnya dia punya banyak teman Korea (karena emang dia sengaja nyari sih) tapi... hebatnya karena keterbukaannya, kenalan-kenalannya menurutku merasa nyaman dengannya makanya dalam waktu singkat mereka tidak segan mengirimkan dia sesuatu. She is Unique.. really.. sangat antusias untuk masalah Korea ini. Sekali A sepertinya dia akan tetap memilih A, itu sih analisisku, hehe... maaf kalau salah ya Res..aku merasa sedikit mirip dengannya, sebelas dua belas lah...

Tak luput dari bahasanku adalah Mbok Yus dan Rany serta Eka.... tiga orang ini adalah teman-temanku yang sebenarnya sudah bukan sekedar teman lagi... mereka udah aku anggap keluarga. walaupun aku udah lost contact ama Eka karena sibuk ngajar.

Rany... Gadis imut bertubuh mungil ini, juga penyuka Korea... Rany, Yiq, Mbok Yus, Kak Yan, dan Ulan... genk penyuka Korea ini ... ck ck ck.. aku nggak habis pikir. Rany.. kalem-kalem tapi kalau udah bahas Korea, antusianya nggak ketulungan, Kak Yan always update drama Korea, Ulan berawal dari ikut-ikutan nonton eh malah jadi ikut-ikutan suka... kok sukanya ikut-ikutan sih WulWul?? hehe... dan Mbok Yus... wah wah wah... kalau yang satu ini, adalah asal muasal demam Korea. Walaupun memang Kpop dikenalkan oleh Niki (teman SMAku... sampai sekarang aku lihat dia kayak alm. Suzanna)hehe... yang dengan tanpa dosa membawa majalah Asian Plus berhadiah CD video KPop, saat Kpop masih belum seheboh sekarang, sekitar tahun 2006.

Niki... anaknya jutek (beneran jutek),hehe.. cepet ngambekan...tapi after all she is very nice person... hal yang tak masuk akal, di buku kenang-kenangan SMA, aku dan Niki ditulisnya soulmate (entah si penulis dapet referensi dari mana, hmmm)... sampai sekarang dia sering memanggilku soulmatenya...lucu sih,...hehe... walaupun jarang kontak sama Niki, tapi karena orangnya supel, aku nggak ragu buat nyapa dia, dan mukanya yang always seperti orang marah itu buat becandaannya nggak berhasil... Yeah Niki mengajariku untuk jangan liat mukanya... pasti bakalan sebel..hehe..^^v...

Ok kembali pada bahasan sebelumnya... setelah Niki membawa virus berupa CD beberapa MV Kpop termasuk di dalamnya Suju-U... Mbok Yus mulai menyebarkan virus itu... hampir semua teman di kampus mengenal Kami lah asal muasal Virus Kpop itu ...sampai akhirnya sekarang adik tingkat kami udah jadi penerus tanpa bayaran...

Rany... tetangga sekaligus teman SMPku ini begitu menyukai Korea. Dia dan Mbok Yus sebelas dua belas dah... mereka adalah orang-orang kalem yang begitu setia dengan Korea... dan Rany adalah orang pertama yang tertarik untuk belajar bahasa Korea... Mbok Yus yang pertama menguasai hangul... dan aku? aku mempelajarinya karena iri sama mereka, hahaha... Rany... aku nggak dekat dengannya waktu SMP, selain beda kelas, dia juga anak Guru, jadi... aku dulunya tahu Rany sebagai anak Guru, selebihnya... aku sering lihat dia diantar oleh Bapaknya, hehe. semenjak dia sekelas dengan Mbok, dia sering main ke rumah, dan itulah awal kedekatan kami... sampai sekarang...dan Alhamdulillah... kedekatan ini semakin erat..hmmm  ... Karena Rany memang benar-benar menganggapku temannya, itulah yang menjaga hubungan pertemanan ini...so sweet... tapi Rany masih sering agak sungkan... yeah wajar sih, mungkin kalau kami sempat tinggal bersama seperti aku sama Anna (teman KKNku dulu) mungkin kami bisa lebih dekat... Kali ini Anna malah sudah bukan seperti teman lagi... I really did what i wanna do without hesitation in front of her...yeah... but still inilah yang namanya Misteri... siapa yang mengira Rany... orang yang bahkan aku nggak tahu namanya semasa SMP, sekarang bisa sedekat ini...

Lain Rany lain lagi dengan Ulan... Ulan juga teman SMA yang awalnya sama sekali nggak dekat, kami malah dekat setelah kami lulus SMA. Kedekatanku sama Ulan diawali oleh Ilma yang sering ajak dia buat maen ke rumah. Awalnya canggung banget liat Ulan, mukanya serem, hehe. Tapi... aslinya!! Paraaaah!!... Ilma dan Ulan sering main ke rumah, dan hal itu yang buat hubungan kami semakin dekat... sampai saat ini... Setelah Ilma jarang main ke rumah, Ulan tetap melakukan rutinitas datang main-main ke rumah, walaupun hanya sekedar ketawa-ketiwi nggak jelas ampe magrib terus pulang. Bundanya ampe lebih hafal namaku daripada tampangku, karena setiap dia pulang malam, pasti alasannya karena lagi dirumahku.... yah begitulah... inilah si Freak Korea juga... hehe...sama dengan Rany dan Niki... aku juga nggak canggung ngomong sama Ulan walaupun udah lama nggak ngobrol atau ketemu... dia sangat supel, paling tidak itu yang aku rasakan...

Terakhir... sangat banyak yang ingin kubahas sebenarnya...tapi... kalau tidak ku stop aku nggak yakin akan berakhir dimana...

Anna... teman yang kukenal waktu KKN ini ternyata udah seperti keluarga sekarang. berawal dari KKN, kami tetap saling kontak sampai akhirnya sekolah bareng saat ini. Rasanya udah nggak ada rahasia diantara kami (oh ya?) yah anggap aja begitu... sedikit lebai... tapi yang pasti... walaupun dari segi umur dia lebih kecil beberapa hari dariku tapi dia lebih dewasa dari segi sikap dan perilaku daripadaku, mungkin karena dia anak pertama...

Ngomong-ngomong tentang anak pertama... rata-rata temanku adalah anak pertama, sebut aja.. Ninis, Anna, Ulan, Ilma, Rany, Niki, dan yang terakhir, Mbah (alias Mbak Resti), Tari, Ika, Isna, Ida, Yani, Nia... yah kurang lebih begitu... semuanya anak pertama, dan berteman dengan mereka membuatku tak bertambah besar...haha... berasa kecil melulu, walaupun dari segi umur Nia, Anna dan Tari lebih muda, tapi sikap mereka dewasa banget... manis deh...

Yah ... di sini aku punya teman-teman baru yang lebih amazing lagi ada Resti yang ngasih aku banyak film Jepang dan suka share ilmu, Tari yang suka Share-share pikiran, Isna yang walaupun tingkahnya seperti anak kecil, tapi saat tertentu jiwa anak pertamanya keliatan banget, dia sangat perhatian..hmm... very cute.., Idha yang kekanak-kanakan tapi aslinya dewasa banget, Yani yang juga baik banget, Vika yang manis banget, Ika dan Oki yang berasa muda terus, Ipung yang selalu ceria, Nia yang tetap cantik dan seger, Anna yang selalu terlihat kucel, hehe...piiiisss shifu,, Mbok Yus yang semakin doyan belanja dan ngemil, hehe...

wah wah....so many amazing person, sebenarnya masih banyak sih... kira-kira yang disebutin nama-namanya ini ngambek nggak yah kalau baca, hehe...Piss Piss sebelumnya... hanya iseng aja...:P

Maaf yah teman-teman...yang udah jadi Model Postinganku kali ini, kkkk....
salam Piss dariku...^^v











4 komentar:

  1. hiks,,,hiks,,,onni yiq jadi terharu baca post ini,,,,,#sampai-sampai air mata keluar...

    komapta onni,,,,,
    saranghaeyo,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuuuung~ sy juga mau nangis, tp ekspresi sy malah cengengesan..n senyum2.,terharu...huwawawawa. . . .hahahahaha,,bnr2 suka tema bacaan ttg memori n teman :D muah muah >,<

      Hapus
    2. g nyangka bisa buat nangis, hehe... tapi emang "teman" itu.. adalah bahasan yang selalu menarik yah..:)...

      saranghaeyo juga Yiq... :)

      Hapus
  2. sendirian saya yang dak nangis...he
    so saya lagi blogwalking ke para fans Korea nech...ditunggu kunjungan baliknya at Pojok Motivasi

    BalasHapus

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)