Selasa, 31 Desember 2013

Talk about 응답하라’1994


Yatta!! Akhirnya tiba saatnya aku membahas tentang 응답하라’94 alias Reply’94/answer me 94. Selain karena aku emang udah janji mau ngebahas drama ini di postingan beberapa saat yang lalu, tanganku juga udah gatal buat nulis tentang drama ini.


Aku mungkin nggak akan bahas mengenai cerita drama ini, karena dengan ratting yang cukup tinggi, banyak yang udah ngebahas bahkan membuat recaps drama ini. Drama ini emang udah menyedot perhatian banyak penonton, peminat drama Korea, dan penyuka hal-hal berbau tebak-tebakan seperti..나요~ (pake’ gaya aegyo Lee Dong Wook). Setelah sukses mengalahkan ratting reply’97 ternyata drama ini juga sukses membuatku ke-ce-wa!!... L


Jadi..setelah sabar menunggu, menanti setiap episode-nya dengan berdeba-debar (ini lebai) beberapa bulan terakhir ini. akhirnya tepat hari ahad kemarin drama ini selesai  ditayangkan di TvN, dan itu menghadirkan perasaan sedih dan gembira di kedua kubu, hehe. Kubu 오빠야 aka 쓰레기(trash) aka Kim Jae Joon dengan kubu 칠봉이aka Kim Seon Joon.

Sebagai kubu Chilbong atau Seon Joon, aku tentunya masuk yang bersedih, hahaha. Tapi… selain sedih , aku lebih ke-ce-wa. Bukan karena ternyata Oppa ya yang menjadi suami Najung, tapi lebih tepatnya karena ada kejanggalan yang aku masih belum terima…yah..yah..yah… mulai lebai lagi nih.

Jadi… postingan ini isinya berisi Uneg-unegku yang harus di tuangkan dalam bentuk tulisan karena secara lisan aku udah capek saling serang dengan Kakak-ku yang masuk kubu “Trash” hahaha.

Jadi… tentu saja yang membuat kecewa adalah salah satu kejanggalan petunjuk yang diberikan. Aku jadi teringat kata-kata temanku yang bilang “ lupakan petunjuk-petunjuk yang ada”… yah mungkin kalau aku di kubu Trash aku nggak akan peduli dengan petunjuk yang ada karena tanpa petunjuk saja  sudah jelas ceritanya mengarah ke Trash,  apalagi drama ini adalah “Drama Korea”… tapi… karena yang menjadi daya tarik drama ini adalah “petunjuk” itu sendiri, jadinya sangat nggak asyik kalau diabaikan. Dan Yeah!! Sebagai kubu Chilbong aku ke-ce-wa, hahaha.


Parahnya, 2 sepupuku yang merupakan kubu chilbong memberikan reaksi yang cukup lebai. Yang satu mengatakan ,” Aku merasa sia-sia udah nonton drama ini.” yang satunya lagi bahkan nggak mau nonton karena merasa peluang chilbong tak lebih dari 1% sebagai suami Najung. Hahahaha…. Beginilah kalau memfokuskan menonton hanya dari sisi “Siapa Suami Najung.” Anyway… walaupun termasuk parah, paling nggak aku masih bisa nerima akhir cerita walaupun tetap dengan perasaan Ke-ce-wa.


Ok… cukup lah dengan prologue nggak pentingnya. So… aku akan mulai ngebahas petunjuk yang ada, bagi yang udah nonton. Mari kita cerna  bersama (emangnya makanan), :P.


Petunjuk 1. Di episode 1 . waktu Najung nerima telpon dari Jae Joon,  sebenarnya udah ada perasaan kalau suaminya adalah “trash”… jarang ada yang membahas ini, tentu saja karena petunjuk ini munculnya awal banget, sebelum tokoh-tokoh dalam cerita diperkenalkan. Bagaimana Najung menjelaskan rute mana yang seharusnya di tempuh menunjukkan kalau ini pasti bukan Chilbong yang pada dasarnya adalah anak “Seoul” dan bagaimana penjelasan Najung  tentang pesanannya yang  nggak terlalu diperhatikan (sangat bukan chilbong)  sudah jelas petunjuk ini mengarah ke Trash. Di sini aku nggak bilang kalau Trash nggak peduli ama Najung, tapi terkadang Trash seperti cuek  dengan hal-hal kecil.


Petunjuk lainnya seperti banyaknya susu di kulkas, bagaimana cameo reply 97 (Siwon) mengenal suami Najung, kasus “bola chilbong”, ayah Najung yang menyebut menantunya “paling jelek”  itu semua mengarah ke Trash. Sedangkan petunjuk lainnya seperti 50:50 untuk Chilbong… yah seperti 50:50 selain…..
Petunjuk yang menggambarkan “mempelai Pria” secara FISIK. Aku kecewa di bagian ini… bagaimana tidak…


Walaupun yang memperankan mempelai pria di sini bukan salah satu dari mereka (para aktor yang di maksud) tapi… tetap aja pemilihan fisik “mempelai pria” yang nggak “trash” banget ini cukup membuatku ke-ce-wa. Karena…  gambaran “mempelai pria” ini yang membuatku bertahan menanti setiap petunjuk yang ada sampai episode terakhir, walaupun pada dasarnya aku sudah memprediksikan, bahkan sangat yakin “trash” lah suami Najung. Tapi karena berharap drama ini nggak seperti drama korea pada umumnya, aku pun mencoba melepas semua petunjuk-petunjuk jelas yang mengarah ke “trash”.


Waktu Najung memanggil Chilbong dengan nama “joon” di tahun 2013, aku lupa episode berapa, di sana aku sudah 98% yakin bukan dia suaminya. Tapi… aku masih tetap bertahan, hehe (kayak apa aja). Petunjuk-petunjuk yang sebenarnya sangat tidak mengarah ke Chilbong, dengan berbagai kemungkinan coba di arahkan ke Chilbong. Parahnya PD Nim sepertinya menikmati setiap permainan “kemungkinan-kemungkinan” yang dibuat untuk memberikan pergulatan pikiran dan perasaan di masing-masing kubu (wuuuaa).

Dari 5 kemungkinan pria yang ada, satu persatu tereliminasi, sampai akhirnya tertinggal 2 kubu yang paling kuat, chilbong VS Trash. Aku jadi teringat “the Mentalist” yang saat ini juga sedang tegang-tegangnya mengungkap siapa Red John… dan so far dari yang sudah aku tonton 2 orang telah tereliminasi (eh kok malah bahas the mentalist?? Fokus Lee…fokus).

So… awalnya aku agak kecewa Yoon Jin nggak berpasangan dengan Haitai, tapi… diantara pasangan yang lainnya ternyata pasangan Yoon Jin dan Sam Cheon Po adalah yang paling “so swit” menurutku.

Jadi… aku nggak akan mencantumkan gambar… karena cukup membahas drama ini aja udah menggambarkan sebagaimana “parahnya” aku menanggapi drama ini. jadi di episode 21 final akan terlihat dengan jelas bagaima “mempelai pria” itu nggak “trash” banget. Selain rambut yang mau dilihat dari segala arah nggak mirip banget, juga tinggi!! Ini yang paling PENTING.

Tinggi yang jelas-jelas mengarah ke Chilbong ini sungguh membuat “heart attack” hahay… kalau kalian menonton drama ini, coba saja diperhatikan waktu Najung berjalan di altar bersama suaminya (episode 21 awal)…yah mungkin sekilas nggak terlalu jelas tapi kalau diperhatikan secara seksama suami Najung “sebelumnya” dan Trash memiliki perbedaan tinggi yang buatku cukup kelihatan… tapi … berhubung ini drama udah kelar… anggap aja itu Cuma halusinasiku aja…karena  kemungkinan sedikit dari kalian yang akan menyadarinya… dan mungkin menerimanya sebagai suatu yang “janggal” haha…

Tapi… selebihnya aku “suka banget” ama drama ini. Karena tumben banget aku nemuin drama Korea yang konsisten membuatku ketawa, hehe. Walaupun aku tetap kecewa (kecewa terus…kecewa terus) Karena rasa penasaranku tentang chilbong nggak terbayar. Sebagai kandidat suami Najung yang cukup kuat, cerita mengenai chilbong hanyalah sekian persen dari keseluruhan cerita. Padahal, aku sangat ingin mengetahui bagaimana ceritanya dengan orang tuanya, bahkan cerita sekilas tentang istrinya aja nggak ada, yah yah yah… yah… yah sudahlah…


Untuk menuntaskan uneg-unegku, aku mau bahas setiap karakter di drama ini, dan tentunya aku mulai dengan :

1.       Chilbong aka Kim Seon Joon
Selain hal-hal yang sudah aku sebutin di atas, yang membuatku juga yakin chilbong bukanlah kim jae joon (walaupun menurutku nama itu lebih cocok buat chilbong, hehe) adalah karena banyaknya karakter di drama ini yang memiliki nama berakhiran Joon!! Sebut saja:
1.       Adiknya Najung (Joon) alias Suk Suk
2.       Binggeure aka Kim Dong Joon
3.       Haitai yang ternyata memakai nama aslinya Son Ho Joon
4.       Pemain Baseball yang entahlah di episode berapa muncul sebagai tamu undangan di pernikahan Najung, kalau nggak salah namanya Kim Tae Joon
Ditambah lagi ternyata keluarga “Trash” merupakan keluarga “Kim jae…” kemungkinan dia bernama Kim jae Joon tentunya lebih besar daripada Chilbong yang memiliki dua karakter nama yang cukup populer di drama ini. Seperti marga Kim saja… hampir semua pemain di drama ini bermarga Kim, bahkan teman ayahnya Najung aja bermarga  Kim… mungkin yang jelas-jelas tidak bermarga Kim di sini adalah keluarga Najung, Yoon Jin dan Haitai. Jadi nggak heran kalau nama Haitai agak telat keluar karena marganya bukan Kim, hehe.
Baik… kembali ke topik. Chilbong di drama ini adalah karakter yang digambarkan Swiit, perhatian, pengertian, teguh, pantang menyerah, atletis, populer tetapi ternyata sangat kesepian dan berasal dari keluarga broken home.
Awalnya perhatiannya dia pusatkan ke baseball untuk mengalihkan rasa kesepian-nya, dia bahkan tidak terlalu fokus ke studinya karena terlalu banyak bergelut di baseball, tapi aku yakin pada dasarnya chilbong bukanlah anak bodoh, dia hanya “kurang belajar” :P. 
dan Awalnya aku heran dengan Chilbong yang begitu gigih mempertahankan perasaan “suka”-nya ke Najung padahal dia tahu dengan pasti kemungkinan untuk mendapatkan perasaan Najung itu “sangat kecil”.
Awalnya lagi… aku kira perasaannya ke Najung itu begitu besar karena itu adalah pertama kalinya dia “jatuh cinta”… tapi… masa iya… selama itu kalau Cuma karena itu?? Ternyata di episode –episode akhir ini, baru dijelaskan kenapa Chilbong menaruh perhatian yang besar ke Najung. Mungkin … bisa dibilang karena jarang mendapatkan perhatian dari orang tuanya… “perhatian najung” ke dia membuat perasaan suka itu muncul (padahal Najung pada dasarnya “care” ke semua orang). Tapi… di mata Chilbong perhatian Najung yang sebatas “teman” itu dianggap sangat “luar binasa”.
Walaupun sebagai kubu Chilbong, aku juga sedikit gemes ngeliat chilbong yang sok manja ke Najung, tapi… entahlah mungkin hanya itu yang bisa dia usahakan… pada dasarnya dia begitu sakit memendam perasaannya (waduh… aku sok tau banget)…tapi bagaimana Chilbong memulai perasaannya dan mengakhirinya…aku suka. Dia “cool”. Saat suka dia akan bilang suka, saat dia sadar harus mengakhirinya, dia dengan tersenyum mengakhirinya. Walaupun hatiku sebenarnya sangat tersayat-sayat (lebai lagi…huuuff) waktu ngeliat chilbong nangis setelah melepaskan perasaannya ke Najung (huhuhuhuhuhu)…  Dia tidak berusaha memaksakan perasaannya, tapi dia hanya berusaha menunjukkan kesungguhannya. Cukup…aku rasa itu cukup… karena pada dasarnya kamu hanya bisa sebagai teman Chilbong, nggak lebih
walaupun begitu, aksi chilbong waktu memberikan bola baseball ke Najung setelah pertandingan usai (episode 7 kalau nggak salah) adalah bagian “ter-Swiiit” menurutku.
2.       Binggeure aka Kim Dong Joon
Sebagai sepupu Chilbong, BInggeure tentu saja yang paling dekat dengan chilbong. Awalnya penggambaran karakter-nya nggak terlalu jelas, tapi… komen penonton yang mengatakan dia gay karena banyak yang menyamakan reply 97 dan 94 membuatku sedikit terganggu. Bagaimana tidak? Hanya karena dia nge-fans ama “Trash” lantas membuatnya dapat julukan gay ?? itu menurutku “gimana aja gitu”. Karena pada dasarnya aku nggak ngeliat Bing2 itu gay, sama sekali. Makanya… waktu akhirnya kisah cinta Bing2 dimulai… aku sangat antusias… dan berharap cerita tentang Bing2 akan sedikit diperbanyak walaupun Cuma sekilas, seperti bagaimana si “die-die” yang sebenarnya duluan suka, dan bla bla bla… ternyata tak ada sama sekali … yah kemungkinan sih si “die die” sempat nonton konser Bing2 jadinya tertarik gitu, tapi apa benar karena itu?? Huuff.. nggak puas… tapi… saat Bing2 mengkonfirmasi perasaannya, itu adalah bagian ter-wah menurutku hahahaha….

3.       Sam Cheon Po aka Kim Sung Gyun
Selain Ho Joon, Kim Sung Gyun juga ternyata pake nama aslinya di sini, hihihi. Jadi…Ini adalah karakter paling menyebalkan tapi paling menarik perhatianku, hahaha. Bagaimana tidak, dia, Haitai dan ayahnya Najung adalah penyumbang lelucon di drama ini, paling tidak buatku. Dia adalah pemegang karakter ter “mbeeeeek~” di sini. Ada aja darinya yang buat aku ketawa. Dari semua episode di drama ini, ada aja yang membuatku “ngikik”  tapi episode 6 adalah yang paling lucu buatku…dari awal sampai akhir episode, aku ketawa terus.  Aku juga suka sekali bagian Cheon Po dan Haitai yang berkelahi, logat daerah mereka kental banget, hehe.
Gaya Cheon po emang sok gimana gitu, hahaha…tapi karena gayanya itu, aku tidak merasa kalau dia emang paling tua di sini, hehe. Pokoknya untuk Sam Cheon Po… Uuuuh Syalalala deh, hehe

4.       Haitai aka Son Ho Joon
Ini dia satu-satunya karakter yang punya siulan Serigala disaat  yang lainnya cukup dengan suara “mbeeeek~”.  Makanya buatku dia karakter ter auuuu , hehe Haitai ini adalah orang yang nggak mau ketinggalan eksis. Walaupun terlihat sok keren dan sebagainya tapi kadang juga menyebalkan. Haitai adalah teman yang baik dan ternyata cukup setia, walaupun ke setia-annya sempat diragukan, hehe. Sebagai teman, Haitai sebenarnya tak jauh berbeda dengan Najung, dia hanya versi cowoknya aja menurutku. Yah… bagian saat Haitai di telpon ibunya adalah bagian paling mengharukan, aku jadi ingat ama ibuku, huhu.

5.       Jo Yoon Jin
Penggemar Seo taeJi ini awalnya terlihat suram, tapi semenjak berpacaran dengan Sung Gyun dia mulai terbuka. Walaupun dia terlihat kasar, tapi dia sangat perhatian dan punya perasaan yang lembut. Kalau nggak, dia nggak mungkin tahan dengan Sung Gyun, tapi Sung Gyun juga hebat bisa tahan dengannya, hehe (pasangan aneh). Cerita waktu dia berkunjung ke rumah Sung Gyun cukup…hhmm.. menyentuh, bagaimana ibu SungGyun dari “tidak memperhatikannya” menjadi “memperhatikannya”. Hanya sekali aku menangis di drama ini yaitu waktu Ibu Yoon Jin berkunjung ke Seoul, itu adalah bagian ter-huhu menurutku.

6.       Oppa ya aka Trash aka Kim Jae Joon
Ini dia si suami yang penuh misteri !!! Jeng jeng jeng jeng…. Kalau akhirnya identitasnya di ungkap di episode terakhir, identitas Red John terungkap di episode 8 season 6 (aduh kok lari ke mentalist lagi, fokus Lee fokus). Jadi… walaupun aku sempat mengungkapkan kejanggalan sebelumnya tentu saja Oppa ya tetap merupakan kandidat terkuat. Bahkan kalau seandainya aku nonton drama ini bukan karena Chilbong mungkin aku akan mendukung Oppa ya 100%. Jadi… awal aku menonton drama ini karena aku penasaran oleh karakter yang akan dimainkan oleh Yoo Yeon Seok aka Chilbong apalagi katanya dia bakalan main dengan Go Ah ra aka Najung. Tapi.. melihat kemunculannya yang baru ada di episode 2  dengan bagaimana Oppa ya  yang begitu DEKAT dengan Najung dan kenyataan kalau Oppa ya bukan KAKAK kandung Najung, jelas sudah… nggak ada harapan buat Chilbong. Tapi… karena aku main kemungkinan jadi yah yah yah yah …beginilah.

Oppa ya… karakter yang menarik. Gayanya seperti orang bodoh, cuek nggak pedulian tapi ternyata adalah dokter yang punya otak encer.  Oppa ya diperlihatkan sangat berkebalikan dari Chilbong, tapi… tentu saja keduanya memiliki sisi2 yang menarik perhatian para penonton wanita (ce I leee) apa laki-laki juga (auuuu)… kalau nggak, nggak mungkin ada team Oppa ya atau Chilbong/ Oppa ya Shipper atau Chilbong. Jadi… pada dasarnya Najung akan tetap beruntung siapa pun suaminya. Aku sangat suka cerita bagian bagaimana Oppa ya begitu perhatian, terutama pada Binggeure waktu awal masuk kedokteran. Kalau senior yang lainnya pilih kasih, Oppa ya termasuk yang easy going, I like it. Tak heran Binggeure tersepona olehnya. Sebagai Sunbae… Oppa ya is good!!..

7.       Sung Na Jung
Awalnya Najung diperlihatkan sebagai Freak SungMin. Tapi setelah episode-episode selanjutnya, kegilaan Najung seperti pudar begitu saja, berbeda dengan karakter Yoon Jin yang masih Freak Seo Tae Ji. Yang baik dari Najung adalah perhatiannya ke teman-temannya, sampai Oppa ya sempat cemburu dan sebal karena dia lebih mementingkan orang lain dari pada dirinya sendiri. Najung juga doyan bersih-bersih dan pintar memasak, sebagai Ibu rumah tangga dia udah punya kartunya. Hanya saja.. dia itu sangat kasar terutama sama Oppa ya pastinya. Mungkin ada saat dimana Najung terlihat menyebalkan bagi team Oppa ya… yah saat putus itu. Tapi… dengan akhir yang bagi team Oppa ya sebagai Heppi ending, kayaknya kesebalan itu terbayar sudah, hahaha. Aku suka dengan kata-kata Najung saat menolak Chilbong, menyakitkan tapi yah itulah adanya… bagaimana pun dia udah terlalu cinta dengan Oppa ya… kalau kata Jae In (uri Oppa J)… “perasaan itu nggak secepat itu berubah, butuh 10 bahkan 20 tahun tapi itu pun belum pasti”.

Yah… ternyata setelah nulis-nulis gini berasa rada plong. Walaupun sebelum nulis tadi sebenarnya banyak yang mau diungkapkan eh ternyata waktu di tulis, yang mau diungkapkan tadi menguap semua, hahaha… jadi cukup sekian aja dah…huff lega..lega… ;)












15 komentar:

  1. wah...saya sengaja nulis n ga liat tulisan Kiki ini dulu tapi ternyata garis besarnya menangkap hal yg sama, writer, PD berhasil bikin qt juga orang2 yg nonton mengenal karakter pemain...

    1. saya juga kecewa haitai ga sama yoonjin tp memang samcheonpo n yoonjin sweet.

    2. sejak diliatin adegan mau nikah, dari awal belakang rambut oppa memang aneh, dipaksakan biar 'mirip' rambut chilbong. trus tinggi, kl diperhatikan memang ga konsisten tingginya.

    3. empat pemain pake nama asli di sana.

    iya Ki, saya tetep sedih dengan perasaan Chilbong...sedih karena bener2 sakit rasanya suka sendiri. tergambar di semua chilbong.

    ah, rasanya ga adil gitu sama drama ini, juga tim reply yg mengusung konsep ajip n tak biasa lalu berusaha membuat cerita 'hidup'...eh malah ga suka drama ini hanya karena najeong ga berakhir dg chilbong. bahkan ada yg bilang siasia nonton.

    tapi kl diambil positifnya dari segi tim reply, cerita juga akting pemeran "berhasil".

    reply ga ada habisnya...tapi ntar lama2 menghilang sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... aslinya sih suka...tapi kalo udah nyangkut ttg cerita chilbong, langsung berasa g adil banget, kok kayak dia paling menyedihkan di sini, okelah.. sempet sediiih banget ngeliat oppa ya di beberapa episode terakhir. tapi... karena dy berakhir ama najung, semua sakitnya paling g yah terbayar gitu.. nah chilbong udah bertaun2 cemburu gila, eh ujung2nya g dapet...parahnya g ada cerita ttg gimana keluarga n kisah cintanya dy... :(

      btw yg pake nama asli cheon po, haitai, bapk ama ibu najeong yah??

      Hapus
    2. sedih. beberapa ep terakhir berasa sedihnya "chilbongaaaaa....chilbongaaaa... :(" emang ga adil. dia kedapetan peran, "ga semua yg dia inginkan dia dapatkan walau itu 'satu2nya' saat itu yg dia inginkan."
      berusaha ngelakuin apa aja asal deket n dapet perhatian na Jeong, tapi Na Jeong sudah "terlanjur". mungkin kalau duluan suka sama chilbong, qt kasiannya sama oppa.

      iyoiyo..cheon po, haitai, bapk ama ibu najeong pk nama asli

      Hapus
    3. yah... paling nggak kita diliatin oppa punya keluarga yang masih lah meduliin dia, nah chilbong...dy satu2nya yang ortunya g pernah keluar... sebut aja Cheon po (ibu n bpak), Yoon Jin (ibu), haitai (ibu n bpak), bing2 (ibu n bapak)...nah chilbong? cm suara ibunya... itu pun cm suara message pager-nya.... dgn gitu tenarnya chilbong, kok g ada gitu crita gimana reaksi ortunya nanggepin keberhasilan anak mereka....

      Hapus
    4. nah...makanya, coba posisinya ditukar, pasti kasian ma oppa..ga diperhatian keluarga, cintanya diterima tapi ga berakhir bersama...

      sudah2 mari qt tinggalkan cerita yg seperti itu maunya penulis n sutradara. mari menunggu dramanya jihyo gantinya reply 94

      Hapus
  2. Mungkin karena kesibukan baru sempat namatin replay 1994 malam ini. Iseng rapiin hardisk n nemu replay 1994 yg belum sempat ditonton. aq awalnya nonton replay 1997 tepat waktu stelah drama nya selesai langsung download dulu itu. Setelah skripsi akhirnya kelewat sama replay 1994 dan ketemu dari kemaren sampai malam ini.


    Jujur aku bertahan nonton karena chil bong/ yoo yeon seok. Penyemangat sampai akhir episode yg terkesan dipanjang panjangin .ia mreka tidak membagi porsi chilbong dgn baik sebagi org ke 3. Ahhh fihati q tetep chil bong no. 1 heyehe. Rasanya sedikit lega karena ternyata gak cuman aq yg terlalu kecewa karena kdrama ini. Sampai bela belain melepas malam minggu buat nuntasin penasaran. Membaca uneg2 yg punya blog sedikit melapas penat setalah menonton kdrama yg bikin kesal ini. Gomawo chingu

    BalasHapus
  3. saya sangat suka alur cerita ini. Lebih masuk akal d dunia nyata. Lebih menyentuh. Kalo pemainnya tidak terlalu penting. Msih masuk standar. Dari semua drama korea yg pernah d tonton drama ini masuk kriteria yg good job..:)
    Kalo 97 mungkin ceritanya kurang greget ya. Hehe

    BalasHapus
  4. saya sangat suka alur cerita ini. Lebih masuk akal d dunia nyata. Lebih menyentuh. Kalo pemainnya tidak terlalu penting. Msih masuk standar. Dari semua drama korea yg pernah d tonton drama ini masuk kriteria yg good job..:)
    Kalo 97 mungkin ceritanya kurang greget ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm... jujur saya cuma liat sekilas replay 97 dan g tertarik buat nonton, he... tapi memang ... replay 94 sepertinya diapik dengan lebih baik alur ceritanya.

      jadi penasaran dengan replay 88, :D

      Hapus
  5. Kereeeen bngeet nih drama. sumpaaahh. dan yg paling buat bahagia itu krn endingnya sesuai harapan ku. hehehehe

    BalasHapus
  6. aku baru nonton sampe eps 10 tapi udh gregetan banget. makanya cari spoiler. jujur aku tim oppa ya, dan akhir2 ini agak sebel sama chilbong yang kesannya manja banget sama najung tapi aku tetap mengutamakan gimana cerita berjalan karena emang drama ini menghibur bgt sih jd mau sama siapapun najung aku dukung aja heheh dan beruntungnya kapalku berlayar, najung oppa yeayyy. p.s: aku gak mau berharap dari awal nonton ini sih karena udh pernah patah hati ketika nonton reply 1988 wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah... reply 1988 tu nyebelin banget endingnya. Banyak yang kecewa dengan ending yang seperti dipaksakan.

      Hapus
    2. Gak maksa kok menurutku, udah pas hehe, dari semua reply series, 88 yang paling ngebekas ceritanya buatku setelah 97 , selera beda2 kali ya wkwkwk

      Hapus

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)