Senin, 05 November 2012

CHANGE



kiri-kanan: Kanbayashi,Miyama,Keita,Narasawa,Haruka
Well... saatnya membicarakan dorama politik dorama ini bukan dorama baru sih, tapi topiknya tetap hangat diperbincangkan sampai saat ini.
Ok... dorama ini berjudul CHANGE dan menceritakan tentang seorang pria bernama Asakura Keita, yang lahir di keluarga pejabat. Bapaknya seorang politikus terkenal, namun suatu hari beliau bersama kakak laki-laki Keita meninggal akibat kecelakaan pesawat.Kejadian itu bertepatan dengan hari pemilihan yang tinggal sebentar lagi.

Partai dimana bapak Keita berada 'partai Seiyuu' membutuhkan sosok yang bisa menggantikan Pak asakura, dan pilihan satu2nya jatuh ke Keita sebagai penerus keluarga Asakura.

Namun, Keita tidak suka dengan politik, dia lebih memilih menjadi guru SD dan tinggal jauh dari keluarganya. Tapi, apa mau dikata, salah seorang petinggi partai Seiyuu Kanbayashi menyuruh sekretaris andalannya Miyama untuk membujuk si Keita supaya mau dicalonkan.

Miyamapun dari Tokyo beranjak ke Nagano- tempat Keita bekerja untuk membujuknya. Pertama memang agak sulit membujuk Keita karena selain Keita tidak tertarik sedikitpun dengan politik, dia juga sama sekali tidak paham mengenai politik. Namun,Keita akhirnya menyanggupi tawaran Miyama, tetapi dengan syarat Miyama tidak akan mengganggunya lagi jika dia kalah pemilihan itu.

Akhirnya, Keitapun pulang ke kampung halamannya-Fukuoka untuk melaksanakan proses pemilihan. Dia dibantu oleh banyak staff dari partai, serta seorang yang jenius dalam mengatur strategi publikasi calon pemilihan, Narasawa. Konon katanya dari semua proses pemilihan yang pernah dia ikuti, dia hanya pernah kalah satu kali. Diantara staff2 tersebut ternyata ada yang terpesona dengan ketampanan Keita, Haruka, dia sangat tergila2 dengan Keita, dan dengan semangat membantu proses pemilihan. Miyamapun turut ambil bagian, dengan gigih dia berjuang untuk memenangkan Keita, begitu pula dengan staff2 yang lain. Tapi, Keita- si calon malah ogah2an, dia hanya menuruti apa yang dikatakan Miyama tanpa banyak tanya.

Hari berganti hari, ternyata ketampanan Keita menarik minat para gadis, dia sungguh populer sehingga dari survey terlihat vote untuk Keita akan tinggi. Namun sesuatu terjadi sehari sebelum final pemilihan. Kasus 18 tahun yang lalu  yaitu  kasus mengenai penggelapan uang yang menimpa ayahnya diungkit kembali. Banyak masyarakat yang meminta penjelasan Keita mengenai isu tersebut. Keitapun dengan jujur dan lantang mengakui kasus yang membawa nama baik ayahnya itu, dan dengan tulus dia meminta maaf. Ternyata ketulusan Keita membuahkan hasil yang bombastis dia menang dengan selisih suara 167.

Keita setelah menang pemilihan berpindah ke Tokyo. Dia tinggal di rumah yang ditempati ayahnya dulu. Ternyata, di sana dia didatangi tamu tak diundang- Narasawa yang berniat tinggal dengannya. Tidak bisa menolak beberapa hari setelahnya Harukapun ikut tinggal di sana. Miyama menolak keras hal tersebut, tapi tentunya dia tidak punya hak untuk melarang mereka tinggal.

Miyama yang sebenarnya merupakan sekretaris Kanbayashi, oleh  Kanbayashi diminta sebagai sekretaris Keita sementara, untuk membantu Keita yang masih amatir berpolitik.Miyama sebenarnya berat melakukannnya, namun karena itu permintaan dari Kanbayashi diapun menyangggupinya.

Ternyata prime minister terkena kasus pelecehan seksual, sehingga mau tidak mau diapun dengan malu resign menjadi prime minister. Hal tersebut membuat petinggi partai Seiyuu termasuk  Kanbayashi berfikir keras. Dengan memanfaatkan kepopuleran Keita yang terus meningkatkan kepopuleran partai Seiyuu juga, mereka pun dengan rencana licik ingin memanfaatkan Keita yang amatir untuk menjadi Prime minister, mereka khususnya  Kanbayashi ingin membuat Keita menjadi Boneka

Tetapi, Keita yang sangat tulus menjadi pejabat untuk rakyat dengan sangat polos menerima tawaran itu, setelah sebelumnya berfikir dengan sangat mendalam.Akhirnya Keitapun dengan perjuangan yang sangat keras serta bantuan dari Ubukata (teman barunya di parlemen yang menang atas bantuan Narasawa juga), Narasawa, Hikaru dan Miyama, dia dapat lolos menjadi Prime minister. Tentunya kemenangan yang mutlak itu tak luput dari pidato Keita yang sangat tulus, karena dia berjanji semua yang dia lakukan untuk rakyat, rakyatpun menerima ketulusan Keita itu dengan mendukungnya.


Sejak awal kemunculannya, Keita memang telah menjadi buah bibir masyarakat Jepang, selain tampan- sampai dia dijuluki pangeran parlemen, Keita selalu memberikan pidato yang sangat menggugah. Hari pertama Keita menjabatpun menjadi topik hangat.

Ternyata Keita begitu memegang teguh janjinya. walaupun  Kanbayashi telah menaruh orang2nya di kabinet Keita, Keita tetap memegang teguh janjinya. Kanbayashipun mulai kewalahan dengan sikap Keita yang diluar dugaannya. Keita ternyata menjadi Prime minister yang total, dia tidak segera menandatangani dokumen yang diserahkan kepadanya. dia harus membaca dan menelaah isi dokumen tersebut sampai akhirnya dia yakin untuk menyutujuinya. diapun tidak keberatan membaca data2 pendukung dokumen tersebut walaupun akhirnya dia tidak tidur karena hal tersebut.

Begitulah, keteguhannya dalam mempertahankan janjinya kepada rakyat jepang membuatnya hampir tidak tidur selama masa pemerintahannya yang hampir 50 hari. Selama masa pemerintahannya Keita menjadi lebih matang, lebih hebat dari sebelumnya, dia sudah menjadi prime minister  yang sangat disayang oleh masyarakatnya, bahkan diidolakan anak2 khususnya muridnya, yang rata2 kelak ingin mengikuti jejaknya. selama masa jabatannya dia sudah merubah banyak sekali hal yang tidak pernah bisa diselesaikan negara karena terbentur dana. Keita yang hanya memikirkan rakyat sama sekali tidak peduli dengan banyaknya dana yang akan keluar selama itu demi kesejahteraan rakyat.

namun, ternyata Keita yang tidak bisa menjadi 'boneka'nya membuat Kanbayashi gusar, diapun melancarkan rencana lainnya yaitu mengungkit kasus 18 tahun lalu, namun kali ini dengan membeberkan secara rinci siapa saja yang telibat serta berapa dana yang sudah digelapkan oleh masing2 orang. ternyata ada 8 orang di kabinet Keita sebagai tertuduh, tidak heran karena kabinet itu dipilih sendiri oleh Kanbayashi.

Kasus  tersebut benar2 membuat posisi Prime minister terancam, sampai2 dia sempat memutuskan untuk resign sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai pemimpin yang telah lalai memilih kabinet. namun kondisi tubuhnya yang buruk membuatnya pingsan, sehingga belum sempat melakukan keinginannya itu.

Melihat kemungkinan Keita akan resign, banyak pejabat yang mulai melirik Kanbayashi sebagai kandidat utama pengganti Keita, merekapun mulai menjilat. Kanbayashi pun sudah bisa bernafas lega. Setelah sebelumnya  diapun sempat menimbulkan suatu kehebohan ketika mengatakan kalau Keita telah memecatnya dari kabinet karena suatu hal yang tidak pernah sama sekali dikatakan Keita. Padahal kenyataannya  Keita sebelumnya mengajak Kanbayashi untuk berkerjasama walaupun dia telah mengetahui penghianatan  Kanbayashi.

Keita tidak sadarkan diri selama beberapa hari, namun setelah tersadar yang dia ucapkan pertama kali adalah ,"aku lapar". Akhirnya Keita keluar dari rumah sakit, namun niatnya untuk resign tidak berubah sama sekali. Namun, ternyata Keita tersadarkan oleh orang2 serta anak2 didiknya yang mendukungnya, yang sangat menyayangkan jika dia harus mengundurkan diri. Keitapun setelah berfikir keras, akhirnya memutuskan untuk melakukan suatu siaran langsung, dimana dia mengungkapkan seluruh isi hatinya ke masyarakat, dan akhirnya dengan pertimbangan yang mendalam dia memutuskan untuk tidak resign melainkan merombak ulang susunan kabinet dengan melakukan pemilihan ulang.

cerita ini sungguh menyentuh, karena mennyangkut pemerintah yang sangat kita rindukan, seorang yang bisa merubah persepsi kita mengenai politik yang notabene-nya terkenal dengan istilah 'politik kotor'. dalam cerita ini juga terdapat kisah cinta antara prime minister dengan sekretarisnya, yang sempat menjadi gosip, tapi bisa ditangani dengan bijak oleh Keita.

Takuya Kimura ^^b
well dorama series ini hanya 10 episode tapi ceritanya sungguh memuaskan dan kompleks, walaupun tetap ada saja bagian yang tidak aku sukai. di sini malah ada bagian dimana perwakilan dari US memuji Keita sebagai pemimpin yang baik,... wah wah wah pokoknya keren dah ditambah yang main aktor yang selalu dapat penghargaan 'Takuya Kimura'.
sekian dulu,...^^,..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LeeAne butuh saran dan komentarnya...
Berkomentarlah dengan bahasa baik And no SARA yah guys :)